Senin, 24 Juni 2013

Syahrini Khomsa Real




Barangkali artis indonesia paling terkenal di seantero jagad saat ini adalah syahrini. Ini berdasakan pengalaman saya waktu umroh beberapa waktu yang lalu. Saat berjalan-jalan (lebih tepatnya belanja)di Madinah, banyak pedagang di disana memanggil saya (dan orang indonesia yang lain) dengan syahrini. Entah mengapa syahrini begitu terkenal hingga ke tanah Arab, mungkin karena dia sangat terpampang nyata dan cethar membahana, hingga dia sangat ikonik dan dimanfaatkan oleh pedagang-pedangan di Madinah (khususnya di sekitar Masjid Nabawi) untuk menarik pelanggan dari Indonesia. "Hayya Indonesia, syahrini, murah murah...." 

Jika anda tidak bisa berbahasa arab, jangan kuatir para pedagang di madinah (juga di Makkah) bisa berbahasa indonesia, mereka fasih menyebutkan angka-angka dalam bahasa indonesia, lima, sepuluh, dua puluh, tiga puluh, seratus dan seterusnya.  Mereka pandai tawar menawar dalam bahasa indonesia, cukup katakan "kam" atau "berapa" mereka langsung menjawabnya dg bahasa. Biasanya mereka menjajakan barang dagangannya dengan tiga bahasa, Arab, Bangladesh dan Indonesia, ini tentu karena banyaknya orang Indonesia yang datang kesana, bisa berbahasa Indonesia seolah jadi tuntutan wajib bagi para pedagang ;) 

Sedikit saran untuk anda yang shopacholic, berbelanjalah selagi di Madinah, barang disana lebih bagus dan berfariatif dari pada di Makkah. Masalah harga sangat tergantung dengan barang yang anda beli dan pandai-pandailah menawar. Cara mereka berjualan sangat

atraktif. penjual baju gamis berjualan naik gerobak sambil berteriak-teriak "tiga puluh tiga puluh", yang paling menarik adalah penjual kerudung "khomsa real" mereka berjualan sambil melempar-lempar barang dagangannya, ada juga yg sambil bernyanyi. Suasana ramai seperti ini biasanya berlangsung setiap selesai shalat jamaah ashar, isya' dan subuh karena cuaca tidak panas. Begitu anda keluar dari areal Masjid Nabawi langsung disambut dengan suara-suara penjual yang unik-unik, anda bisa berbelanja berbagai macam oleh-oleh sambil memberi makan burung dara saat pagi dan jika beruntung anda juga bisa menikmati proses terbukanya payung-patung cantik di halaman masjid ;) 

Bagi anda yg kangen "gaul", di depan masjid nabawi ada mall, fasilitasnya lumayan lengkap. Barang-barang di mall kualitasnya lebih bagus dibanding di luar, ada KFC, sturbucks, dan berbagai jenis makanan Indonesia seperti bakso dan soto, katanya klo musim haji bakso jadi menu favorit meski harganya sangat mahal dan rasanya "flat". 

Oh ya, selain syahrini, ada artis Indonesia yang juga populer disana yaitu bang Saipul Jamil, jangan heran bagi lelaki yg dipanggil Saipul Jamil, bagi mereka mungkin semua lelaki Indonesia seperti atau minimal kenal Saipul Jamil :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar