Minggu, 22 Mei 2011

"Internasional"


(Membangun semangat)

Akhir-akhir ini aku akrab dengan kata “Internasional” dan mungkin untuk beberapa tahun kedepan aku harus bersahabat dengannya. Sungguh sebenarnya “Internasional” itu sangat jauh untuk orang lokal sepertiku, tak terpintas sedikitpun dibenakku akan memasuki dunia “Internasional” yang dulu hanya sebatas angan-angan. Mendengar kata Internasional aja bisa membuat begidik, tak terbayangkan bisa menjalani kehidupan Internasional ini.

Bagaimanapun keputusan telah dipilih dan tak ada jalan untuk mundur. Yang perlu aku lakukan adalah merubah ke”lokal”-an-ku menjadi “Internasional”, sepertinya sangat sulit memang, tapi bukan berarti tidak mungkin. Aku memahami bahwa jalan ini sama sekali tidak mudah, butuh kerja keras yang sangat keras, aku karus berusaha lebih giat dan lebih keras dari orang lain.

Ini bidang yang baru bagiku, meski mungkin tak sepenuhnya tak linier. Aku ibarat teri yang mencoba menyaingi ikan paus, tak sepadan, tapi aku akan membesarkan tubuhku dengan memakan plangtong hingga tubuhku membesar dan menyamai ikan paus seperti dalam permainan Feeding Frenzy

Perlu keberanian untuk melakukan perubahan dalam hidup. Aku sangat sepakat dengan Andrea Hirata bahwa menurutnya Belajar adalah upaya untuk menentang segala bentuk ketidakmungkinan, dan itu hanya bisa dailakukan oleh pemberani.

Aku telah memutuskan untuk mengambil keberanian, berani untuk kembali belajar dari awal, membuka satu-satu dokumentasi apapun tentang “Internasional”, hingga suatu saat aku bisa menyaingi ikan paus, atau seperti Maryamah dalam “Maryamah Karpov” yang berhasil jadi maestro catur. Beri aku yang sulit, aku akan belajar.

To be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar