Sabtu, 09 Oktober 2010

"Keinginan"



Seorang teman bertanya kepadaku tentang hal yang paling aku inginkan dalam hidupku saat ini, dia terlihat kecewa karena aku mengawali jawabanku dengan kata "mungkin". Memang tidak ada sesuatu yang pasti dalam hidup ini semuanya serba mungkin, tapi jika menyebutkan kata mungkin untuk hal yang paling diinginkan berarti aku tak benar-benar menginginkannya, dengan kata lain aku tak punya keinginan, aku tak punya tujuan bahkan mimpi (benar-benar parah dan payah!)

Aku sedikit kehilangan kepercayaan diriku dalam merumuskan apa yang aku inginkan, aku tak lagi biasa membuat daftar keinginan, mengurutkannya satu-persatu dari kategori What I want the most, hingga rencana kapan-kapan, tapi daftar kali ini kacau, mungkin juga karena terkalu banyak hal yang aku inginkan. keinginkan adalah sebuah angan-angan yang melayang tak terbatas, tak berujung dan tak membumi, hanya sebuah ekpektasi. Tapi orang yang tak punya keinginan sama dengan mati, mati gaya, mati inspirasi, bahkan dapat mematikan hati.

Jika kau menginginkan sesuatu dengan sungguh-sungguh seluruh jagat raya akan membantumu, begitu kata al-Kemist, Man Jadda wa Jadda (barang siapa yang bersungguh-sungguh untuk mewujudkan keinginannya, maka keinginan ini akan terkabul) begitu sabda Rasul Muhammad. Tapi bagaimana jika aku sendiripun tidak tau apa yang benar-benar aku inginkan saat ini?

Keinginan bukan hanya sekedar motifasi, keinginan itu sendiri adalah titik di ujung jalan yang ingin kau berlari kesana, arah yang bisa menunjukkan bahagiamu.
Seperti dalam cerita Pirates of Carebean, Captain Jack Sparrow memiliki kompas keinginan, kompas itu dapat menunjukkan arah diamana kau dapat menemukan/mewujudkan keinginanmu, dan kompas itu dapat digunakan dan dapat menunjukkan arah jika kamu benar-benar tahu apa yang kamu inginkan.

Pada suatu ketika Captain Jack Sparrow harus menghadapi kenyataan bahwa dia harus berhadapan dengan hal yang paling ditakutinya yaitu bertemu kembali dengan Navy Jhones Captain kapal Flying Dutchman, Monster Gurita yang tak bisa mati karena telah mengunci jantungnya dalam peti rahasia. Rasa takut yang sangat menyebabkan Jack Sparrow kehilangan kepercayaan diri dan tak bisa lagi menentukan apa yang paling dia inginkan, dan kompas ajaib itupun tak berfungsi.

Sayangnya aku tak punya kompas itu, dan mungkin kompas itu tak akan berfungsi bagiku, karena saat ini aku masih belum bisa merumuskan apa yang paling aku inginkan.
Aku teringat kata Nenekku dalam obrolan di suatu sore, beliau berkata dalam keinginan yang sungguh-sungguh terdapat suatu konsekuensi yang harus ditanggung yaitu keteguhan hati dan kesiapan mental untuk mewujudkannya, tak hanya cukup memohon dengan sangat kepada Tuhan, tapi sekeras apa usahamu untuk mewujdukan hal yang paling kau inginkan. Pertama yang harus kau lakukan adalah membuang rasa takutmu dan selalu berbaik sangka pada rencana Tuhan.

Aku telah melihat keseluruh penjuru mata angin semua ada harapan atas segala keinginan disana, tapi jalan ini masih licin dan berkabut, aku harus menata diri dan mempersiapkan bekal perjalanan untuk menghadapi segala kemunginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar